Minggu, 12 Agustus 2018

Inilah tips jitu cara memilih ban mobil yang benar

Ban mobil mempunyai fungsi yang sangat penting untuk menunjang keamanan, keselamatan serta kenyamanan dalam berkendara. Sehingga memerlukan performa yang lengkap dengan demikian anda mesti membekali diri dengan paling tidak sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara memilih ban mobil yang benar. Jadi apapun jenis mobil anda baik itu mobil mewah maupun kendaraan butut jangan remehkan eksterior kendaraan yang satu ini. Sebab keselamatan anda sangat tergantung dari kualitas dan performa ban yang anda gunakan.

Dengan demikian bacalah tips kami tentang cara memilih ban mobil yang benar. Seperti diketahui bahwa bagus tidaknya ban mobil tidak ditentukan oleh harganya namun yang sangat menentukan adalah kegunaannya. Meskipun ban mobil anda harganya sangat mahal, namun jika tanpa perawatan yang benar, maka tentunya tidak bisa memberikan kenyamanan yang sempurna. Hal mana juga berkaitan dengan perilaku anda terhadap bagaimana cara memelihara performa ban dalam kehidupan sehari hari.

cara memilih ban mobil


Mungkin anda sependapat dengan saya jika mobil sedan bisa dibilang paling nyaman saat ini, entah itu sedan buatan jepang ataupun sedan buatan korea seperti hyundai. Bahkan bagi pencari sedan murah banyak yang mencarinya, karena secara umum mobil hyundai bekas jauh dibawah harga kendaraan sejenis. Meskipun demikian dari segi kualitas tidak kalah dengan sedan buatan Jepang. Pabrikan mobil asal korea ini bahkan berani menabrakkan mobil buatannya untuk membuktikan seberapa bagusnya produk mereka, baca dalam hyundai sonata test drive.

Apalagi saat anda pulang kampung dengan muatan penuh, wow kualitas empat ban mobil anda bisa menentukan apakah anda bisa sampai kampung atau ngeban di tengah jalan. Sehingga penting juga untuk belajar bagaimana cara ganti ban diperjalanan, ketahui usia ban kendaraan maksimal. Meskipun anda telah membawa sopir dan banyak duit. Sebab ban kempes tidak mengenal tempat. Mending kalau diperkotaan, nah kalau ditengah hutan atau jalan tol gimana hayo. Bahkan pada beberapa tahun lalu admin pernah pulkam dengan mengendarai mobil butut yakni Mitsubishi Kuda bekas tahun tua, karena sudah mempersiapkan sebelumnya termasuk cek kondisi kembang ban, maka alhamdulillah selamat sampai tujuan.

Tapi kalau agan agan sedang berkendara dengan mobil baru sih ya belum berarti banyak, sebab semua masih OK 100%. Seperti diketahui bahwa saat ini konsumen kelas bawah sedang gencar gencarnya berebut membeli mobil super murah besutan astra yakni mobil daihatsu sigra yang terbukti mempunyai tampilan cukup bagus.

Oh ya bergeser terlalu jauh jadinya kalau ngomongin soal tumpangan pribadi. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini cukup banyak merek ban mobil yang dijual di pasaran Indonesia, namun pada update kali ini tidak membahas soal harga ban mobil, namun bagaimana cara beli ban yang benar. Yuk kita mulai saja keterangan lengkapnya.

Inilah tips lengkap cara memilih ban mobil
  • Sebaiknya tetaplah pada ukuran ban yang telah direkomendasikan oleh pabrikan mobil anda. Meskipun anda bebas menentukan namun dari sisi keselamatan menjadi kian berkurang. Ambil contoh saat anda melihat mobil dengan ukuran ban lebih lebar. Selain akan memperberat tarikan kendaraan juga membahayakan pengendara lain, karena bagaimanapun juga pengemudi hanya memperhatikan bodi mobil. nah kalau ban nongol keluar, apa nggak menggilas pengendara motor tuh ban gede lebar.
  • Pilih ban yang mempunyai tapak sempurna dan jelas. Seperti diketahui bahwa saat ini cukup banyak tapak ban yang tipis dan "halus", ban model begini tentu berbahaya saat melintas dijalan becek dan mudah slip karena cengkeraman berkurang.
  • Perhatikan juga masalah alur ban atau sering kita sebut sebagai kembang ban, namun bukan membahas soal tebal tipisnya, namun lebih pada corak alurnya. Saya sarankan untuk memilih yang alur "V" karena lebih bisa memisah aspal jalanan dan memiliki daya cengkeraman lebih kuat saat melintasi jalanan berair.
  • Perhatikan juga saat anda parkir, banyak yang asal taruh tuh kendaraan. Usahakan di tempat teduh dan terbebas dari sengatan sinar matahari. Sayangkan ban mobil anda akan cepat pecah pecah dan tidak bisa bekerja dengan sempurna.

Itulah beberapa tips saat anda akan mengganti ban baru pada mobil anda. Sekali lagi meskipun kita hanya mampu membeli mobkas seperti toyota rover karena memanh harga kijang rover cukup sesuai dengan kantong, namun jika dirawat dengan sempurna tentu akan senyaman mobil baru. Eit tunggu dahulu, jika agan agan membeli mobil bekas, hati hati and waspada sebab banyak pedagang yang nakal, baca dahulu cara menawar mobil bekas biar selamat dan tidak dandan setelah membeliya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih anda berkomentar yang baik